LIVE GAMEQUEST : Mengenali dan Memanfaatkan Dunia Game Untuk meningkatkan Prestasi
Berita Baru, Bogor – Jum’at 12 April 2024, Komunitas Kutub Ilmu kembali adakan diskusi, suatu inovasi baru yang paling banyak di minati oleh Gen-Z yaitu bermain game. Live GameQuest merupakan episode kali ini dengan tema “Mengenali dan Memanfaatkan Dunia Game untuk Meningkatkan Prestasi.” Acara ini menarik perhatian pemirsa yang antusias dari berbagai kalangan, mulai dari penggemar game hingga mahasiswa.
Dalam episode yang penuh semangat ini, Muhamad Fachrul Rozzy memandu diskusi bagaimana game telah berevolusi dari sekadar hiburan menjadi alat yang memegang peranan penting dalam pembelajaran dan pencapaian prestasi.
Diskusi dibintangi oleh Suherman, seorang Atlet PUBG IPB University sekaligus mahasiswa Fakultas Kehutanan kampus tersebut yang vokal tentang integrasi teknologi dalam pembelajaran. Dia menyoroti bagaimana penggunaan game dalam konteks pendidikan dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan mahasiswa, serta memberikan pengalaman pembelajaran yang mendalam.
“Manfaat dunia game untuk mencapai prestasi sangatlah penting dalam konteks perkembangan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan pengembangan teknologi yang semakin maju, permainan tidak lagi hanya sekadar hiburan, tetapi juga menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran dan pengembangan keterampilan”. Ujar Suherman
Namun demikian, penting untuk diingat bahwa manfaat game hanya dapat diperoleh dengan pemakaian yang sehat dan seimbang.
Kecanduan dan penggunaan yang berlebihan dapat mengurangi manfaatnya dan bahkan berpotensi merugikan. Oleh karena itu, pendekatan yang bijaksana dalam mengintegrasikan game dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting. Apalagi dibarengi dengan kuliah tentunya harus mengatur waktu agar produktif. Karena bagaimana pun kuliah menjadi hal yang paling utama adapun game sebagai Part-Time disaat senggang.
Bagi Suherman mendapat penghargaan The Most Valuable Athlete suatu hal yang membanggakan, bukan bagi dirinya saja melainkan sanak saudara, teman dan keluarga. Hal yang dirasakan setelah mendapatkan penghargaan tersebut bisa membantu biaya perkuliahan. Beberapa kali mendapatkan kejuaran dalam event baik tingkat kampus mapun nasional.
Suherman menambahkan “Dengan penghargaan ini saya jadikan suatu motivasi untuk mengejar prestasi. Karena saya yakin ketika hal ini di lakukan dengan sungguh-sungguh maka akan mendapatkan apa yang kita inginkan, terkhusus menjadi atlet game PUBG. Saya berharap teman-teman jika bisa menjadikan game sebagai sarana untuk berprestasi maka lakukanlah. Namun, jika tidak dilakukan dengan sungguh- sungguh disarankan main seperlunya jangan sampai pada taraf kecanduan, waktu yang digunakan dengan baik bisa terhabiskan oleh game yang sia-sia”.
Sementara itu, Muhamad Fachrul Rozzy, “Kemajuan teknologi sangatlah pesat, namun bagaimana cara kita bisa menghadapi desain game yang sangat luar biasa bagusnya mempertimbangkan aspek-aspek pembelajaran, seperti tantangan, umpan balik, dan kemajuan. Permainan yang dirancang dengan baik tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memicu pemikiran kritis dan kreativitas”.
Hal yang harus di perhatikan yaitu menekankan pentingnya pendekatan seimbang terhadap penggunaan game, dengan memperhatikan bahaya kecanduan dan penggunaan yang tidak sehat, mendorong orang tua dan pendidik untuk terlibat aktif dalam pemantauan dan pembimbingan dalam penggunaan game.
Terakhir, Episode Live GameQuest ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana dunia game dapat menjadi alat yang kuat untuk mencapai prestasi dalam berbagai bidang kehidupan. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang potensi game, kita dapat mengoptimalkan manfaatnya sambil tetap menjaga keseimbangan dengan aktivitas lainnya.